Sabtu, 03 Oktober 2015

Pembelajaran dengan model Bruce Joice

1.      Penjelasan istilah dalam model pembelajaran Bruce Joice
a.       Orientasi model
Berisi tujuan dan asumsi
Peninjuan untuk menentukan arah suatu model
Sasaran penggunaan model yang memperhatikan masalah psikologis, daya kreatif, sosial, dan berbagai macam bidang yang mempengaruhi kemampuan siswa.
b.      Tujuan model
Hal-hal yang akan dicapai dari penggunaan suatu model
Tujuan model adalah  untuk mendapatkan keefektifan belajar siswa
c.       Asumsi teori
Anggapan yang melandasi teori suatu model
Asumsi setiap model adalah jika siswa melakukan suatu hal, ia akan mendapatkan suatu dampak
d.      Model mengajar
Gaya seorang guru dalam  menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa
Model mengajar seorang gara dipengaruhi kemampuan siswa
Jika sudah tidak efektif, suatu model mengajar akan di
e.       Sintagmatik (syntax atau tahapan kegiatan)
Yaitu urutan  langkah pengajaran yang menunjuk pada fase-fase/tahap.
Tahap yang harus dilakukan oleh guru bila ia menggunakan model pembelajaran tertentu
f.       Sistem sosial
Sistem sosial adalah pola hubungan guru dengan siswa pada saat terjadinya proses pembelajaran (situasi atau suasana dan norma yang berlaku dalam penggunaan model pembelajaran tertentu)
g.      Prinsip reaksi
Berkaitan  dengan pola kegiatan yang menggambarkan bagaimana seharusnya guru melihat dan memperlakukan siswa, termasuk bagaimana seharusnya guru menggunakan aturan permainan yang berlaku pada setiap model.
h.      Sistem penunjang
Sistem penunjang yaitu segala sarana, bahan, dan alat yang diperlukan untuk menunjang terlaksananya proses pembelajaran secara optimal
i.        Penerapan implikasi suatu teori atau model dalam  kehidupan nyata atau proses pembelajaran
j.        Dampak instruksional dan penyerta
Dampak instruksional adalah hasil belajar yang dicapai atau yang berkaitan langsung dengan materi pembelajaran, sementara dampak pengiring adalah hasil belajar sampingan (iringan) yang dicapai sebagai akibat dari penggunaan model pembelajaran tertentu

IMPLEMENTASI BERPIKIR MODEL PEMBELAJARAN BRUCE JOICE
PADA METODE PROJECT BASE LEARNING
TEKS BIOGRAFI TOKOH INSPIRASI BANGSA KELAS VIII

Pendekatan Saintifik
Tahapan metode
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Peserta Didik
Membuat pertanyaan ilmiah
Start With the Essential Question (memulai dengan pertanyaan esensial)
Pengajar  menentukan  topik yang relevan untuk diangkat menjadi pertanyaan esensial yang mendasar penugasan proyek peserta didik dalam memahami teks biografi tokoh inspirasi bangsa
Peserta didik menyepakati topik yang diberikan guru dan membantu menentukan pertanyaan esensial sebagai dasar penugasan pemahan teks biografi itokoh inspirasi bangsa
Design a Plan for the Project (mendesain rencana proyek)
Pengajar berkolborasi dengan peserta didik untuk menyepakati aturan main dan aktifitas yang dapat mendukung dalam menjawab pertanyaan esensial yang ditentukan
Peserta didik berkolaborasi dengan pengajar untuk menyepakati aturan main dan akktifitas yang mendukung dalam menjawab pertanyaan esensial yang ditentukan
Melakukan kajian teoritis
(research)
Create a Schedule (menentukan jadwal/ waktu penyelesaian)
Pengajar berkolaborasi dengan peserta didik dalam menyusun jadwal aktivitas penyelesaian proyek, diantaranya menentukan timeline, deadline proyek.
Pengajar juga membimbing peserta didik agar merencanakan cara yang baru dan meminta peserta didik untuk menjelaskan alasan menggunakan cara yang digunakan
peserta didik berkolaborasi dengan Pengajar dalam menyusun jadwal aktivitas penyelesaian proyek, diantaranya menentukan timeline, deadline proyek.
Peserta didik menentukan cara berikut alasan menggunakan cara tersebut
Menjalankan observasi dan atau
eksperimen
sekaligus
Menganalisis data dan membuat kesimpulan
Monitor the Students and the Progress of the Project (memonitori peserta didik dan aktifitas proyek)
Pengajar melakukan monitoring terhadap aktifitas peserta didik selama menyelesaikan proyek, pengajar juga berperan sebagai mentor bagi peserta didik
Peserta didik melaksanakan aktivitas penyelesaian proyek dengan dimonitoring dan dibimbing oleh pengajar
Assess the Outcome (menentukan standar penilaian)
Pengajar menentukan bentuk penilaian untuk mengukur ketercapaian standar evaluasi kemajuan masing-masing peserta didik, pengajar juga memberikan umpan balik tentang tingkat pemahaman yang dicapai
Peserta menyelesaikan proyeknya masing-masing sesuai standar pencapaian keberhasilan pemahaman dan standar evaluasi kemajuan pemahaman yang dicapai
Melaporkan
hasil (publikasi).
Evaluate the Experience (evaluasi pengalaman)
Pengajar melakukan refleksi bersama peserta didik terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan
Pengajar bersama  Peserta didik  berdiskusi dalam rangka memperbaiki kinerja selama proses pembelajaran sehingga pada akhirnya ditemukan suatu temuan baru untuk menjawab permasalahan yang diajukan pada tahap pertama pembelajaran
Peserta didik diminta untuk mengungkapkan perasaan dan pengalaman apa saja yang didapat dalam menyelesaikan proyek.
Peserta didik bersama pengajar  berdiskusi dalam rangka memperbaiki kinerja selama proses pembelajaran sehingga pada akhirnya ditemukan suatu temuan baru untuk menjawab permasalahan yang diajukan pada tahap pertama pembelajaran




No.
MODEL PEMBELAJARAN BRUCE JOICE
METODE PROJECT BASE LEARNING

Orientasi model


Peserta didik menyepakati topik yang diberikan guru dan membantu menentukan pertanyaan esensial sebagai dasar penugasan pemahaman teks biografi tokoh inspirasi bangsa


Tujuan model

Peserta didik menentukan cara penggarapan penugasan proyek berikut alasan mengapa menggunakan cara tersebut


Asumsi teori

Metode project base learning digunakan dalam pembelajaran karena pendidik beranggapan bahwa cara ini dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa dilatih untuk lebih aktif memproduksi teks sehingga peserta didik mendapatkan pengalaman yang lebih dalam pembelajaran teks biografi tokoh inspirasi bangsa


Model mengajar


Pada kegiatan pembelajaran pendidik menggunaka project base learning, karena metode ini membantu siswa dan juga mempengaruhi kemampuan siswa dalam memproduksi teks biografi dengan cara yang lebih efektif


Sintagmatik

Berikut merupakan tahapan pembelajaran menggunakan metode project base learning:
1.      Start With the Essential Question (memulai dengan pertanyaan esensial)
2.      Design a Plan for the Project (mendesain rencana proyek)
3.      Create a Schedule (menentukan jadwal/ waktu penyelesaian)
4.      Monitor the Students and the Progress of the Project (memonitori peserta didik dan aktifitas proyek)
5.      Assess the Outcome (menentukan standar penilaian)
6.      Evaluate the Experience (evaluasi pengalaman)


Sistem sosial

Pola hubungan sosial antara pendidik dengan peserta didik pada saat terjadinya proses pembelajaran :
1.      Pendidik menetukan topik proyek yang akan dikerjakan oleh peserta didik
2.      Peserta didik mengerjakan penugasan dengan dibimbing oleh pendidik\\
3.      Setelah selesai peserta didik mengungkapkan perasaan tentang hal yang dialamainya saat mengerjakan penugasan yang disimak oleh pendidik dan diberi respon


Prinsip reaksi

Pendidik seharusnya lebih intens membimbing peserta didik dan juga memberi motivasi agar lebih bersemangat beraktifitas mengerjakan penugasan proyek


Sistem penunjang

Dalam kegiatan pembelajaran ini, situasi kelas hanya memerlukan papan tulis dan spidol untuk menulis topik proyek yang disepakatai dan juga aturan main dalam kegiatan pembelajaran, selanjutnya siswa mengerjakan proyek menggunakan contoh teks yang juga akan ditulis oleh siswa pada kertas yang disediakan, sehingga siswa tidak menggunakan kertas miliknya, melainkan menggunakan kertas yang disediakan guru untuk mengerjakan proyek kelompok.


Penerapan
Pembelajaran berbasis proyek ini juga cocok untuk di gunakan dalam kehidupan sehari-hari contohnya pada saat memecahkan suatu permasalahan yang harus dipecahkan  dalam waktu tertentu, contohnya dalam hal pekerjaan. Selain itu metode ini cocok untuk proses pembelajaran menulis kreatif.


Dampak instruksional dan penyerta

1.      Dampak instruksional yang dicapai setelah mempelajarai materi menggunakan project base learning adalah siswa mengerjakan proyek dengan cara bekerja sama dengan kelompok dan menghasilkan proyek yang sudah ditentukan topiknya atau pertanyaan esensialnya
2.      Dampak sampinganya siswa menjadi aktif dalam mengerjakan proyek dengan berkerjasama dengan teman sekelompoknya, sehingga siswa menjadi lebih akrab dan lebih sering berkomunikasi antar teman sekelompoknya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar