1.
Penjelasan
istilah dalam model pembelajaran Bruce Joice
a.
Orientasi model
Berisi
tujuan dan asumsi
Peninjuan
untuk menentukan arah suatu model
Sasaran
penggunaan model yang memperhatikan masalah psikologis, daya kreatif, sosial,
dan berbagai macam bidang yang mempengaruhi kemampuan siswa.
b.
Tujuan model
Hal-hal
yang akan dicapai dari penggunaan suatu model
Tujuan
model adalah untuk mendapatkan
keefektifan belajar siswa
c.
Asumsi teori
Anggapan
yang melandasi teori suatu model
Asumsi
setiap model adalah jika siswa melakukan suatu hal, ia akan mendapatkan suatu
dampak
d.
Model mengajar
Gaya
seorang guru dalam menyampaikan materi
pembelajaran kepada siswa
Model
mengajar seorang gara dipengaruhi kemampuan siswa
Jika
sudah tidak efektif, suatu model mengajar akan di
e.
Sintagmatik (syntax atau tahapan
kegiatan)
Yaitu
urutan langkah pengajaran yang menunjuk
pada fase-fase/tahap.
Tahap
yang harus dilakukan oleh guru bila ia menggunakan model pembelajaran tertentu
f.
Sistem sosial
Sistem
sosial adalah pola hubungan guru dengan siswa pada saat terjadinya proses
pembelajaran (situasi atau suasana dan norma yang berlaku dalam penggunaan
model pembelajaran tertentu)
g.
Prinsip reaksi
Berkaitan dengan pola kegiatan yang menggambarkan
bagaimana seharusnya guru melihat dan memperlakukan siswa, termasuk bagaimana
seharusnya guru menggunakan aturan permainan yang berlaku pada setiap model.
h.
Sistem penunjang
Sistem
penunjang yaitu segala sarana, bahan, dan alat yang diperlukan untuk menunjang
terlaksananya proses pembelajaran secara optimal
i.
Penerapan implikasi suatu teori
atau model dalam kehidupan nyata atau
proses pembelajaran
j.
Dampak instruksional dan penyerta
Dampak
instruksional adalah hasil belajar yang dicapai atau yang berkaitan langsung
dengan materi pembelajaran, sementara dampak pengiring adalah hasil belajar
sampingan (iringan) yang dicapai sebagai akibat dari penggunaan model
pembelajaran tertentu
IMPLEMENTASI BERPIKIR MODEL PEMBELAJARAN BRUCE JOICE
PADA METODE PROJECT BASE LEARNING
TEKS BIOGRAFI TOKOH INSPIRASI BANGSA KELAS VIII
Pendekatan
Saintifik
|
Tahapan
metode
|
Kegiatan
Pengajar
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Membuat
pertanyaan ilmiah
|
Start With
the Essential Question (memulai dengan pertanyaan
esensial)
|
Pengajar menentukan
topik yang relevan untuk diangkat menjadi pertanyaan esensial yang
mendasar penugasan proyek peserta didik dalam memahami teks biografi tokoh
inspirasi bangsa
|
Peserta didik
menyepakati topik yang diberikan guru dan membantu menentukan pertanyaan
esensial sebagai dasar penugasan pemahan teks biografi itokoh inspirasi
bangsa
|
Design a Plan
for the Project (mendesain rencana proyek)
|
Pengajar
berkolborasi dengan peserta didik untuk menyepakati aturan main dan aktifitas
yang dapat mendukung dalam menjawab pertanyaan esensial yang ditentukan
|
Peserta didik
berkolaborasi dengan pengajar untuk menyepakati aturan main dan akktifitas
yang mendukung dalam menjawab pertanyaan esensial yang ditentukan
|
|
Melakukan kajian teoritis
(research)
|
Create a
Schedule (menentukan jadwal/ waktu penyelesaian)
|
Pengajar
berkolaborasi dengan peserta didik dalam menyusun jadwal aktivitas
penyelesaian proyek, diantaranya menentukan timeline, deadline proyek.
Pengajar juga
membimbing peserta didik agar merencanakan cara yang baru dan meminta peserta
didik untuk menjelaskan alasan menggunakan cara yang digunakan
|
peserta didik
berkolaborasi dengan Pengajar dalam menyusun jadwal aktivitas penyelesaian
proyek, diantaranya menentukan timeline, deadline proyek.
Peserta didik
menentukan cara berikut alasan menggunakan cara tersebut
|
Menjalankan observasi dan atau
eksperimen
sekaligus
Menganalisis
data dan membuat kesimpulan
|
Monitor the
Students and the Progress of the Project (memonitori
peserta didik dan aktifitas proyek)
|
Pengajar
melakukan monitoring terhadap aktifitas peserta didik selama menyelesaikan
proyek, pengajar juga berperan sebagai mentor bagi peserta didik
|
Peserta didik
melaksanakan aktivitas penyelesaian proyek dengan dimonitoring dan dibimbing
oleh pengajar
|
Assess the
Outcome (menentukan standar penilaian)
|
Pengajar
menentukan bentuk penilaian untuk mengukur ketercapaian standar evaluasi
kemajuan masing-masing peserta didik, pengajar juga memberikan umpan balik tentang
tingkat pemahaman yang dicapai
|
Peserta
menyelesaikan proyeknya masing-masing sesuai standar pencapaian keberhasilan
pemahaman dan standar evaluasi kemajuan pemahaman yang dicapai
|
|
Melaporkan
hasil
(publikasi).
|
Evaluate the
Experience (evaluasi pengalaman)
|
Pengajar
melakukan refleksi bersama peserta didik terhadap aktivitas dan hasil proyek
yang sudah dijalankan
Pengajar
bersama Peserta didik berdiskusi dalam rangka memperbaiki kinerja
selama proses pembelajaran sehingga pada akhirnya ditemukan suatu temuan baru
untuk menjawab permasalahan yang diajukan pada tahap pertama pembelajaran
|
Peserta didik
diminta untuk mengungkapkan perasaan dan pengalaman apa saja yang didapat
dalam menyelesaikan proyek.
Peserta didik
bersama pengajar berdiskusi dalam
rangka memperbaiki kinerja selama proses pembelajaran sehingga pada akhirnya
ditemukan suatu temuan baru untuk menjawab permasalahan yang diajukan pada
tahap pertama pembelajaran
|
No.
|
MODEL PEMBELAJARAN BRUCE JOICE
|
METODE PROJECT BASE LEARNING
|
|
Orientasi
model
|
Peserta didik
menyepakati topik yang diberikan guru dan membantu menentukan pertanyaan
esensial sebagai dasar penugasan pemahaman teks biografi tokoh inspirasi
bangsa
|
|
Tujuan
model
|
Peserta didik
menentukan cara penggarapan penugasan proyek berikut alasan mengapa
menggunakan cara tersebut
|
|
Asumsi
teori
|
Metode
project base learning digunakan dalam pembelajaran karena pendidik
beranggapan bahwa cara ini dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam kegiatan
pembelajaran, siswa dilatih untuk lebih aktif memproduksi teks sehingga
peserta didik mendapatkan pengalaman yang lebih dalam pembelajaran teks
biografi tokoh inspirasi bangsa
|
|
Model
mengajar
|
Pada kegiatan
pembelajaran pendidik menggunaka project base learning, karena metode ini
membantu siswa dan juga mempengaruhi kemampuan siswa dalam memproduksi teks
biografi dengan cara yang lebih efektif
|
|
Sintagmatik
|
Berikut
merupakan tahapan pembelajaran menggunakan metode project base learning:
1.
Start
With the Essential Question (memulai
dengan pertanyaan esensial)
2.
Design
a Plan for the Project (mendesain rencana proyek)
3.
Create
a Schedule (menentukan jadwal/ waktu penyelesaian)
4.
Monitor
the Students and the Progress of the Project
(memonitori peserta didik dan aktifitas proyek)
5.
Assess
the Outcome (menentukan standar penilaian)
6.
Evaluate
the Experience (evaluasi pengalaman)
|
|
Sistem
sosial
|
Pola hubungan
sosial antara pendidik dengan peserta didik pada saat terjadinya proses
pembelajaran :
1.
Pendidik
menetukan topik proyek yang akan dikerjakan oleh peserta didik
2.
Peserta didik
mengerjakan penugasan dengan dibimbing oleh pendidik\\
3.
Setelah
selesai peserta didik mengungkapkan perasaan tentang hal yang dialamainya
saat mengerjakan penugasan yang disimak oleh pendidik dan diberi respon
|
|
Prinsip
reaksi
|
Pendidik
seharusnya lebih intens membimbing peserta didik dan juga memberi motivasi
agar lebih bersemangat beraktifitas mengerjakan penugasan proyek
|
|
Sistem
penunjang
|
Dalam
kegiatan pembelajaran ini, situasi kelas hanya memerlukan papan tulis dan
spidol untuk menulis topik proyek yang disepakatai dan juga aturan main dalam
kegiatan pembelajaran, selanjutnya siswa mengerjakan proyek menggunakan
contoh teks yang juga akan ditulis oleh siswa pada kertas yang disediakan,
sehingga siswa tidak menggunakan kertas miliknya, melainkan menggunakan
kertas yang disediakan guru untuk mengerjakan proyek kelompok.
|
|
Penerapan
|
Pembelajaran
berbasis proyek ini juga cocok untuk di gunakan dalam kehidupan sehari-hari
contohnya pada saat memecahkan suatu permasalahan yang harus dipecahkan dalam waktu tertentu, contohnya dalam hal
pekerjaan. Selain itu metode ini cocok untuk proses pembelajaran menulis
kreatif.
|
|
Dampak
instruksional dan penyerta
|
1.
Dampak
instruksional yang dicapai setelah mempelajarai materi menggunakan project
base learning adalah siswa mengerjakan proyek dengan cara bekerja sama dengan
kelompok dan menghasilkan proyek yang sudah ditentukan topiknya atau
pertanyaan esensialnya
2.
Dampak
sampinganya siswa menjadi aktif dalam mengerjakan proyek dengan berkerjasama
dengan teman sekelompoknya, sehingga siswa menjadi lebih akrab dan lebih
sering berkomunikasi antar teman sekelompoknya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar